Browser SMK
INOVASI MAHA KARYA ANAK BANGSA, MOTOR LISTRIK DILUNCURKAN PERDANA  OLEH SMK BINA TEKNOLOGI (BINTEK) SUBANG
0 Komentar 440 pembaca

INOVASI MAHA KARYA ANAK BANGSA, MOTOR LISTRIK DILUNCURKAN PERDANA OLEH SMK BINA TEKNOLOGI (BINTEK) SUBANG

Teknologi

Subang,-Infonusa-news.com,- Seperti diketahui bersama Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bina Teknologi (Bintek) Subang telah menciptakan sejumlah inovasi sebagai wujud kontribusi bidang pendidikan terhadap pembangunan daerah setempat.
Secara berurutan inovasi tersebut yaitu pompa axial, mesin perontok padi (thresher), drone, led running text, tempat mencuci tangan hingga yang terbaru pada tahun ini yakni motor listrik pertama di Kabupaten Subang.
Kendaraan roda dua itu pun resmi diluncurkan di Lapangan SMK Bintek pada Senin, (7/2) yang disaksikan oleh Kepala Sekolah, Ketua Yayasan, Pengawas Pembina, Kepala BRIN Pusat Riset TTG Subang, perwakilan Universitas hingga beberapa awak media." ucap Ketua Tim pengembangan Try Anugrah saat bincang -bincang dengan infonusa-news, com, Senin (7/2/2022).

Menurutnya Pengembangan, , motor listrik yang dinamai MLAYUO Bintek 702 itu sebelumnya harus diisi daya listrik selama empat jam dengan jarak tempuh yang dapat dicapai adalah 35 Km pada jalanan datar dan 28 Km jika kondisi jalanan tidak stabil. Kecepatan motor tersebut diketahui mampu mencapai 60 cc." Mlayuo dapat melesat dengan kecepatan 60 CC dengan jarak tempuh 35 Km pada jalanan datar serta 28 Km pada jalanan tidak stabil , sebelumnya harus diisi daya listrik selama empat jam, " ungkapnya.

Ditempat yang sama Kepala SMK Bintek Subang Wawan Suwandi SE menyebutkan bahwa dasar pembuatan motor listrik tersebut tak lain karena Pemerintah Republik Indonesia sedang menggemborkan kendaraan listrik yang tujuannya untuk mengurangi emisi gas buang." Benar benar kendaraan ini ramah lingkungan " Jelas kepsek
Bahkan menurutnya, para pengusaha lokomotif tak sedikit yang sudah mulai bergerak menuju kendaraan berbasis listrik baik motor maupun mobil sehingga ia menginginkan para siswanya mampu unggul dalam bidang tersebut.


Selain itu komponen yang dibuat oleh para siswa adalah baterai lithium 60 volt 20 amphere dan motor listrik kapasitas 1200 watt. Sedangkan untuk rangka motornya sendiri yaitu aki dan controller menggunakan aplikasi yang dibuat oleh siswa gabungan seluruh jurusan dan guru dari elektronika.

"Untuk otomotif pairing sendiri, memerlukan waktu hampir dua bulan dari November. Kami ingin menunjukan bahwa siswa yang ada di SMK Bintek masih tetap bisa berinovasi dan berprestasi walaupun pada kondisi Covid-19 banyak kendala yang terjadi," ujarnya.
Berkat kerja sama siswa, guru dan pihak terkait pun Kepala Sekolah SMK Bintek mengatakan bahwa motor listrik tersebut dapat diluncurkan sesuai harapan sehingga ia mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya.
"Semoga bisa memberikan sumbangsih terhadap pembangunan di Kabupaten Subang," tambahnya.

Senada hal tersebut disampaikan Pengawas Pembina SMK Bintek, Ajim, S.Pd.,M.M yang mewakili Kepala Cabang Pendidikan Wilayah IV turut mengapresiasi inovasi yang diciptakan.SMK Bintek Subang,Apalagi sekolah tersebut mampu menangkap isu yang sedang dan akan terjadi menuju Subang Smart Politan ke depannya melalui inovasi motor listrik.
"Sesuai PP No 4 tahun 2022 tentang Standar Nasional Pendidikan, kompetensi lulusan SMK difokuskan pada tiga hal yaitu melahirkan lulusan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, profil pelajar Pancasila dan keterampilan sesuai jurusannya." Jelasnya
Menurut Ajim, kompetensi tersebut sudah sesuai dengan tujuan SMK Bintek Subang sendiri yaitu menekankan kejujuran pada siswanya, disiplin hingga menghasilkan lulusan terampil.dan berkualitas "Maka dari itu ia meminta masyarakat jangan ragu memasukkan anak-anaknya ke SMK Bintek.Subang " ungkapnya

Dalam sambutan nya Kepala Brin Pusat Riset TTG, Ahmad saripudin yang menuturkan bahwa sebenarnya SMK Bintek adalah bagian dari pihaknya. Apalagi jika dilihat dari pembentukannya diinisiasi oleh salah satu staff Brin atau dulu akrab disebut LIPI.
Untuk itu berbagai program kelistrikan yang kini telah ada di Brin Pusat Riset TTG pun rencananya akan melibatkan para siswa di SMK Bintek Subang.
"Kami Menyambut dengan baik kehadiran motor listrik ini, Insya Allah akan siap mendukung pengembangan kendaraan listrik apalagi ada program nasional mengenai akselerasi kendaraan," pungkasnya. (FA/Ajp)

Author

Tarman Suherman
Profil Tarman Suherman

 

PT TRI MITRA INFO NUSA

STRUKTUR ORGANISASI

MEDIA ONLINE
INFO-NUSA.COM
Pimpinan Redaksi : Iwan, ST.,S.Kom.,MM
Biro Kab. Karawang : Tarman Seherman
Biro Kab. Purwakarta : T. Seherman

Biro Kab. Subang

Palembang

 

Tajudin

Mory Iskandar

Bidang IT : Deni Akbar
Bidang Video : Wawan Setiawan
Wartawan : Tarman Seherman
   

Asep Jaya Pranata

Suntari

  : Dimas Prasetiawan
  : Ilham Abdulah
   

Abdul Rojak

Mory Iskandar

 




Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Back to Top