Browser SMK
BKIPM-KKP Salurkan Ratusan Paket Ikan Bermutu Di Karawang
0 Komentar 87 pembaca

BKIPM-KKP Salurkan Ratusan Paket Ikan Bermutu Di Karawang

Ekonomi

Kotabaru,-Infonusa-news.com- Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Stasiun KIPM Bandung bersama Wakil Ketua Komisi IV DPR RI melaksanakan kegiatan “Edukasi Dan Pembagian Ikan Bermutu sebanyak 500 paket di Kabupaten Karawang” kata AA Gede Eka Susila kepada infonusa-news.com. Rabu (15/6/2022).
Ia menjelaskan Kegiatan ini merupakan rangkaian Bulan Mutu Karantina Tahun 2022, yaitu BKIPM Peduli Sosial sebagai bentuk berbagi kasih melalui upaya edukasi/diseminasi terkait isu ikan sehat dan bermutu dengan alat peraga ikan sehat bermutu.
Penyerahan paket tersebut diserahkan langsung kepada 500 orang kepala keluarga di dusun Karang Salam Utara, Desa Pucung, Kec. Kotabaru Kab. Karawang yang sebagian besar merupakan masyarakat dari pembudidaya ikan, pengolah dan pemasar hasil perikanan berupa ikan mas sebanyak 3 kg/paket.

Turut hadir pada kegiatan ini Kepala BKIPM yang diwakili oleh Asep Dadang Koswara selalu Koordinator Kelompok Hukum, Kerjasama dan Humas Sekretariat BKIPM, Kepala Stasiun KIPM Bandung AA Gede Eka Susila, Kepala BLUPPB Karawang, Dadan Kurnia WIbawa, Direktur Poltek Karawang, DH. Guntur Prabowo, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Jabar, diwakili oleh Eri Donari Kabid Budidaya, Kepala Dinas Perikanan Kab. Karawang, Abu Bukhori, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kab. Purwakarta, Camat Kotabaru, Kepala Desa Pucung, H. Rahmat ,kasatpol PP kotabaru,Bhabinkamtibmas pucung, Anggota dari polsek kotabaru dan Pembudidaya Ikan, Pengolah dan Pemasar Hasil Perikanan.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Desa Pucung yang dilanjutkan dengan acara Coaching Clinic Cara Karantina Ikan yang Baik (CKIB) kepada masyarakat pembudidaya ikan. " Komunikasi dilaksanakan secara interaktif antara Asep Dadang Koswara dari BKIPM, Kadis Perikanan Kab. Karawang, Abuh Bukhori, Kepala SKIPM Bandung, AA Gede Eka Susila, Direktur Poltek Karawang, DH. Guntur Prabowo dengan masyarakat pembudidaya ikan. Kadis Perikanan Kab. Karawang menyampaikan bahwa di wilayah kerjanya pertumbuhan dan usaha di bidang pembenihan budidaya ikan khususnya ikan hias meningkat pesat terutama ikan koi dan cupang " Ucap Asep Dadang.

Ia menegaskan Begitupun dengan ikan konsumsi yang pasarnya sangat besar dikarenakan wilayah Karawang merupakan salah satu daerah industri terbesar se-Asia Tenggara. Serapan kebutuhan pasok makanan cukup tinggi untuk mencukupi ribuan karyawan pabrik yang ada di Karawang.
Kebutuhan pasok pangan khususnya lauk pauk harus ditunjang dengan ketersediaan yang cukup terutama produk hasil perikanan yang terjamin sehat, aman dan bermutu." Salah satu peran BKIPM adalah memberikan jaminan tersebut." Ujarnya

Ditempat yang sama Kepala SKIPM Bandung, AA Gede Eka Susila mengatakan gambaran secara umum terkait pentingnya Cara Karantina Ikan yang Baik dapat menjamin produk perikanan mulai dari hulu dan dilanjutkan sampai hilir dengan cara menjaga kualitas lingkungan perairan dan ikan dari kontaminan sehingga bisa meningkatkan produksi perikanan budidaya.

Senada disampaikan Kepala BKIPM yang diwakili oleh Asep Dadang Koswara menyampaikan BKIPM merupakan salah satu eselon I dari Kementerian Kelautan dan Perikanan yang secara langsung bermitra dengan pelaku usaha perikanan dalam proses penjaminan mutu hasil perikan yang akan dilalulintaskan baik secara domestik maupun ekspor. Asep juga menyinggung terkait perijinan berusaha yang sekarang sudah bisa diakses secara online " merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh setiap pelaku usaha yang bergerak di bidang perikanan, apalagi yang akan melakukan kegiatan ekspor." Ucapnya

Direktur Poltek KP Karawang juga menambahkan bahwa untuk bisa menjamin kualitas suatu produk, harus diawali dengan kualitas dari orangnya dan menawarkan pendidikan gratis kepada masyarakat pembudidaya ikan " yang berminat untuk memasukan siswa yang lepas sekolah SMA/SMK untuk melanjutkan pendidikannya di Poltek Kelautan dan Perikanan Karawang." Terangnya

Acara diakhiri dengan penyerahkan sertifikat IKI/CKIB kepada 2 (dua) perusahaan perikanan yaitu PT. Tong Wei Indonesia dan PT. Kurnia Mitra Makmur Purwakarta.

Momen selanjutnya dilaksanakan pembagian 500 paket ikan mas oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi kepada masyarakat. Pada kesempatan tersebut Dedi Mulyadi menyampaikan bahwa peran Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan sangatlah penting bagi keberlangsungan pelaku usaha perikanan. Sekarang ini tugas dan peran BKIPM bertambah sebagai lembaga otoritas kompeten yang melaksanakan penjaminan mutu terhadap produk perikanan.

Pantauan infonusa-news.com dilapangan Antusiasme masyarakat sangat tinggi dengan gaya dan komunikasi yang khas dari Dedi Mulyadi yang secara langsung berinteraksi dengan masyarakat dengan menyisipkan pesan dan sosialisasi terkait bidang perikanan, antara lain pesan untuk menjaga tubuh dengan mengkonsumsi ikan yang sehat, beliau juga menyampaikan pentingnya menjaga lingkungan perairan. Arahannya agar kegiatan ini bertujuan untuk mendorong Gerakan makan ikan kepada masyarakat, untuk membentuk masyarakat yang sehat dan kuat,
Kang Dedi juga memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Stasiun KIPM Bandung atas terselenggaranya kegiatan Bulan Mutu Karantina.
Muspida Kab. Purwakarta khususnya wilayah Kotabaru menyambut baik pelaksanaan kegiatan di Dusun Karang Salam, Desa Pucung dan menyampaikan ucapan terima kasih bahwa Kabupaten Karawang menjadi tempat pelaksanaan Kegiatan Bulan Mutu Karantina.(Ajp**)

Author

Tarman Suherman
Profil Tarman Suherman

 

PT TRI MITRA INFO NUSA

STRUKTUR ORGANISASI

MEDIA ONLINE
INFO-NUSA.COM
Pimpinan Redaksi : Iwan, ST.,S.Kom.,MM
Biro Kab. Karawang : Tarman Seherman
Biro Kab. Purwakarta : T. Seherman

Biro Kab. Subang

Palembang

 

Tajudin

Mory Iskandar

Bidang IT : Deni Akbar
Bidang Video : Wawan Setiawan
Wartawan : Tarman Seherman
   

Asep Jaya Pranata

Suntari

  : Dimas Prasetiawan
  : Ilham Abdulah
   

Abdul Rojak

Mory Iskandar

 




Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Back to Top